THIS BLOG IS UNDER CONSTRUCTIONS
Selamat datang di Blog Magic Dakwah. Contact Us: 081 250 16 3663. atau 1924magic@gmail.com. Follow Us: @Magicdakwah
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 07 Februari 2012

Buku: Menggenggam Bara Islam

PEMANTIK SPIRIT ISLAM PENGGUGAH JIWA REMAJA

Sebagai sebuah buku yang didedikasikan spesialbagi remaja muslim, buku ini mampu tampil dengan "ramah". Sistematis namun tidak kaku dan terlalu teoritis, sebab formulasi yang disusun penulis begitu baik sedemikian rupa sehingga pembaca terus dibuat merasa enjoy sampai tak merasa lagi sudah mencapai bagian akhir buku. Bagian per bagian subbab dipaparkan dengan renyah, bahasa yang sangat ringan, contoh yang nyata dan mudah dibayangkan (kisah teladan rasul, para sahabatnya, generasi terdahulu, dan cerita kehidupan sehari-hari), serta retorika yang aduhai, terkadang tumpah dengan luapan emosi penulis. Anehnya setiap bagian buku ini sarat dengan isi dan muatan ideologis yang memotivasi dan siap membakar ghirah Islam pembacanya.


Dari awal bagian buku, pembaca dijelaskan mengenai konsep Islam sebagai satu-satunya akidah yang benar, anti-doktrinasi dan mampu menjawab berbagai tantangan akal tentang keyakinan akan Ketuhanan Allah swt. Penulis mengajak pembaca agar imannya tak serapuh kerupuk karena justru iman sekokoh karanglah yang patut dibanggakan oleh seorang yang mengaku bersyahadah. Hal itulah yang menjadikan generasi sahabat, tabi'in, ulama', mujahid dan orang-orang sholeh terdahulu mampu menjadi generasi yang kuat lagi mulia. Mereka berhasil membangun peradaban yang sangat maju dan selalu menginspirasi sepanjang masa. Justru berantitesis dengan kaum berikut kebudayaan Arab jahiliyah yang bodoh, terbelakang dan sangat tidak terhormat. Penulis berusaha memupuk jiwa kebanggaan pembaca akan keislamannya. Dan, berhasil!

Lalu dari sini lantas pembaca diajak untuk mengambil konsekuensi dari keimanan itu sendiri, yakni memenuhi seruan Allah untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai seorang mukmin : menaati syariatnya dalam segala aspek kehidupan, bukan dalam hubungan kepada Allah (ibadah) saja, melainkan kepada sesama manusia dalam muamalah, dan diri sendiri dalam akhlaq.

Lebih jauhnya, penulis menjelaskan bahwa Islam adalah agama da'wah, oleh karenanya Islam tidak akan bisa tegak tanpa ada da'wah, bahkan generasi kita saat ini mustahil dapat merasakan manisnya iman tanpa perjuangan da'wah ulama, hamilud da'wah dan mujahid pendahulu kita. Ia menekankan pentingnya da'wah dan bergabung dengan jamaah da'wah, sebab Rasulullah saw telah mengajarkan dengan sangat gamblang urgensi dari da'wah Islam terutama dalam da'wah berjamaah tersebut.

Seperti apa yang menjadi judul buku, bagian ending buku ini menjelaskan bahwa mengemban Islam dengan penuh ketaatan termasuk mensyiarkannya adalah jalan yang teramat berat layaknya orang yang menggenggam bara api. Hanya ada dua pilihan bagi manusia, menggenggam atau melepasnya. Jalan keistiqamahan adalah jalan yang penuh onak duri, namun siapa yang berhasil melalui ujian keimanan & keistiqamahan tersebut, maka niscaya pula Ia mendapat ganjaran setimpal dari apa yang ia lalui, yakni surga dan beserta isinya yang telah dijanjikan Allah.

Lama berkecimpung dalam kegiatan da'wah keislaman terutama dalam segmentasi remaja, penulis buku, Ustadz Abay Abu Hamzah (atau dikenan dengan Sarbayni) sudah dengan sangat baik menuangkan sebagian ilmunya dalam buku ini untuk kita pelajari. Buku ini menjadi rekomendasi penting bagi para remaja untuk dibaca dan dimiliki. Untuk mereka yang masih sering bertanya-tanya tentang konsep Islam yang sejauh ini lebih dipandang sebagai doktrin. Mereka yang ragu pada keimananya. Atau sebaliknya mereka yang telah ingin menjadi bagian dari barisan pengemban da'wah. Mereka yang masih haus akan iman, ilmu dan motivasi untuk berpegang teguh pada agamanya, seraya lantang berkata, "Kupenuhi amanah-Mu untuk menggenggam 'bara' ini Yaa Allah!".

IDENTITAS BUKU
Pengarang : Abay Abu Hamzah
Penyunting : Fauzan al-Banjari
Penerbit: Anomali, Yogyakarta
Harga : Rp. 35.000,00
Cetakan Keempat, Februari 2012


Informasi Training Magic Dakwah bersama ust. Abay, penulis buku Menggenggam Bara Islam
kontak 1924magic di 081 250 16 3663 atau email: 1925magic@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...